Dibayar Karena Menulis Artikel Review

Nov 03

Dibayar Karena Menulis Artikel Review

blogsvertise-logoJika Anda sering mengunjungi blog saya di syahur.co.cc, maka Andapun akan menyadari bahwa sejak bulan Oktober 2008 lalu terdapat beberapa postingan yang berbahasa inggris. Maaf, bahasa inggris saya agak kacau. Jadi, maklum aja deh kalo ada grammar yang hancur, he he he.

Tulisan-tulisan bahasa inggris itu adalah tulisan ‘pesanan’. Atau kata kasarnya ‘iklan’. Tulisan iklan itu biasa disebut paid post atau paid blog post. Tulisan itu sepenuhnya iklan tentang website advertiser. Nah, saya akan dapat bayaran setiap kali paid post yang saya terbitkan :D.
Transaksi bayar membayar artikel seperti ini di dunia bisnis internet disebut Paid Review :).

Apa itu PTR (Paid to Review)?
Paid to Review merupakan salah satu program penghasil duit melalui internet dengan cara menulis review.

Siapa yang terlibat dalam PTR?
Yang terlibat dalam PTR ada 3 (tiga) pihak:

  • Advertiser. Advertiser merupakan orang/pihak yang ingin memasarkan/mempromosikan situs/web/produk/bisnis-nya di internet. Advertiser ingin produk miliknya direview. Namun tujuan advertiser membeli artikel semacam ini tak semata produknya ingin dipromosikan, tapi juga ada nilai SEO bagi website dia yang akan dia dapatkan: mendapat backlink.
  • Blogger. Blogger merupakan orang yang menulis review tentang produk si advertiser dan mendapat bayaran atas review yang dibuatnya. Syarat menjadi blogger untuk menulis review tersebut adalah memiliki blog. Kenapa harus blog? Karena memang reviewnya bakal dimuat di blog si blogger.
  • Broker/Agen. Broker merupakan perantara antara Advertiser dan Blogger. Agen akan mempertemukan antara advertiser dan blogger. Jika ada advertiser yang ingin mempromosikan produknya, maka brokerlah yang akan mencarikan blogger untuk menulis review. Jika ada blogger yang ingin mencari duit dengan cara menulis review, maka brokerlah yang akan mencarikan advertiser untuk si blogger.

Nah, begitulah penjelasan singkat tentang PTR yang saya simpulkan dari berbagai sumber.

Untuk lebih jelasnya, akan saya coba jelaskan lebih gamblang:

Anggaplah kini anda seorang blogger yang memiliki blog. Kemudian anda daftarkan diri Anda beserta blog Anda ke sebuah broker PTR. Kemudian pihak broker akan memeriksa data anda dan data blog Anda. Jika Anda lulus pemeriksaan, maka Anda berhak untuk menulis review. Namun jika Anda ditolak, itu berarti Anda kurang beruntung, atau Anda perlu menambah nilai jual blog Anda. Misalnya dengan meningkatkan PageRank, alexa rank,Traffic, dan sebagainya.

Anggaplah blog Anda sudah di approve (diterima) oleh pihak broker. Terkadang ada broker yang akan mengirimkan job paid post kepada anda, adapula broker yang mengharuskan anda untuk mencari advertiser itu sendiri pada direktori advertiser mereka. Jika anda mendapat kiriman job dari broker/advertiser, SEGERA kerjakan job tersebut dan tetap ikuti syarat yang diinginkan advertiser. Jika sistem yang berlaku pada broker adalah anda harus mencari job review sendiri, maka silakan jelajahi list direktori iklan/paid post yang mereka miliki. Umumnya istilah ini disebut BID. BID job-job yang sekiranya mampu anda kerjakan dan tunggu respon dari advertiser. Jika BID anda diterima, maka SEGERA kerjakan job tersebut sesuai dengan syarat-syarat yang telah diminta advertiser.

Setelah menulis paid post di blog anda, periksa sekali lagi segala syarat, apakah sudah 100% terpenuhi atau masih kurang. Jika sudah, SEGERA submit URL paid post tersebut ke broker anda. Atau mungkin biasa disebut submit task, submit job, dsb. Inilah yang menandakan bahwa anda sudah benar-benar mengerjakan job paid post anda.

Tambahan:
Setiap broker/advertiser memiliki syarat yang berbeda-beda dalam mengambil kebijakan dan keputusan mereka dalam menerima blog/job anda. So, membaca syarat dan ketentuan yang mereka berikan adalah suatu tindakan yang amat cerdas. Misalnya saja ada broker yang mensyaratkan blog yang boleh didaftarkan kepada mereka haruslah blog yang berisi mayoritas artikel bahasa inggris. Maka itu artinya blog kita yang mayoritas isinya berbahasa indonesia belumlah layak untuk kita daftarkan pada broker tersebut.

Sekedar berbagi pengalaman, kebanyakan broker/agen menyaratkan blogger yang diterima mereka adalah:

  • Blog dengan Pagerank bagus; (antara 1 – 10; semakin besar semakin baik).
  • Alexa rank dibawah 2 juta.
  • Memiliki link popularity; semakin banyak semakin bagus.
  • Blog dengan umur lebih dari 3 bulan
  • Blog dengan isi bahasa inggris

Kita dibayar berapa?
Pertanyaan seperti ini barangkali yang Anda tunggu-tunggu. Bayaran untuk sebuah review yang anda tulis sangat beragam. Bisa jadi $1, $2, $5, $10, atau $100, atau bahkan lebih dari itu untuk sekali review.

Saya pribadi ngikut paid review sejak oktober 2008 rata-rata mendapat job dari review seharga 9-10 dollar per-review. Namun jika mendengar cerita-cerita para master, mereka bisa mendapat bayaran hingga lebih dari $100 per-review.

Harga per-review bisa beragam seperti itu karena banyak faktor yang mempengaruhinya. Bisa saja ada advertiser yang berani membayar mahal untuk di review pada sebuah blog yang memiliki PageRank tinggi dan memiliki traffic yang padat. Namun tak jarang pula ada advertiser yang tidak memperhatikan hal itu.

Berikut ada beberapa broker Paid to Review yang saya rekomendasikan:

Reblog this post [with Zemanta]

Incoming Search Terms:

  • Post rivew di bayar
If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader. Follow my twitter @syahuri.

135 comments

  1. R350 G7 S5606 2G500SN DELLIBMDELL

  2. Valkyrie Fight TAG Ver1.04

  3. Galerie des Kunsthauses

  4. BREATHEHEAVY.COM Britney Spears Pictures, News, Media And More

  5. Doisaket Police Station

  6. Raven Dawn II by Roberto Blake

  7. Atlanta Web Design Web Design For Small Medium Size Businesses Atlanta Web Design Website Design in Atlanta Atlanta Web Design Web Design For Small Medium Size Businesses

  8. Syahuri /

    Bikin ngiler aja nih :)

  9. Syahuri /

    jangan bilang profesional dulu mas Rofi!
    doakan saja semoga saya jadi makin semangat nge blog :d

  10. Syahuri /

    manual approval :d

  11. Syahuri /

    yupz…
    terima kasih atas tambahannya mas :) ..
    PR (page rank) dan Alexa rank memang kita butuhkan banget jika membuat blog untuk nge paid review :D

  12. Syahuri /

    salam kenal juga mas widad…
    thanks sudah mampir kemari :)

Trackbacks/Pingbacks

  1. aikLARrg - aikLARrg... --...
  2. ILwKJkLD - ILwKJkLD... --...
  3. wTPPhQKs - wTPPhQKs... --...
  4. yxGpqHJN - yxGpqHJN... --...
  5. hOrfBiAN - hOrfBiAN... --...

Leave a Reply