“SMS Setan”?

< <<strong>strong>div xmlns=’http://www.w3.org/1999/xhtml’>Gara-gara sibuk urusin layout blog, saya mau posting tulisan gak jadi-jadi. Malah edit layout beberapa kali gagal! Internetnya luambuat, ditambah lagi karena ceroboh widget-widget pada terhapus. So, ngumpulin lagi nih widget-widget baru. Tapi tenang aja bro! Blogroll aman kok.
Btw, sebenernya ini berita udah agak basi, soalnya sejak kemarin-kemarin mau posting gak jadi-jadi. hem…jadi gini bro, di Aceh (di daerah lain juga) sedang heboh masalah sms setan/santet. Udah pada tahu kan? Masih belum? Oke, saya jelasin dikit. Beberapa hari yang lalu,

banyak para pengguna henpon mendapat sms dari sanak saudara, teman, tetangga, dll tentang sms ‘uji ilmu hitam’. Isi smsnya (yang masuk ke henpon saya) begini:
“Kalo ada no hp yg 0866,0666 atau atau yg wrna merah call msk jgn diangkat. Soal nya dijakarta udah ada yg meninggal gara2 angkat no hp yg warna merah muncul di lyr hp kita. 0rg itu bilg lg uji ilmu hitam. Trus info dibengkalis jg ada yg meninggal, Sbarkan keteman2 n keluarga..”

Hu…belum sempat abis saya baca sms itu, hpku kembali berdering tanda masuk sms, rupaya sms dengan teks yang sama. 2 sms sekaligus dengan isi yang sama. he he he…bagaikan dapet sms dari 222 “maaf, pulsa anda tidak mencukupi untuk melakukan akses gprs” kek kek kekk….sms dari 222 terkadang bertubi-tubi ampe 10 kali…maklum, maniak chatting, gak di warnet, henpon-pun jadi.

Back to topic. Setelah membaca sms itu, aku cuma bisa ketawa. Ada beberapa perasaan dan pikiran yang bercampur dalam diriku.Yang jelas, saya tidak percaya dengan isi sms itu. Ada beberapa hal yang membuat saya tidak percaya dengan sms itu:

  • Saya tidak yakin, bukticontoh palsu yang tertera di sms itu merupakan kisah nyata. Bagaimana mungkin seseorang bisa meninggal berdasarkan karena mengangkat/menerima telepon dari nomor tersebut?! Jika ada yang meyakini hal ini, maka itu sudah termasuk syirik, yaitu menyekutukan Allah SWT! Padahal sudah sangat jelas dalam kitab suci Alquran, bahwa ajal seseorang itu sudah ditentukan, tidak ada yang dapat memajukan atau menundanya, kecuali Allah SWT.
  • Bagaimana mungkin ada orang/sistem/dukun yang bisa menyeting henpon orang dari jarak jauh, yaitu dengan merubah font hitam (standard) menjadi merah? Hebat bener tuh, saya mau belajar dari dia tentang yang begituan! Lagipula, ada temen saya yang bilang “kalau hp seperti punya kita yang cuma ada warna hitam putih gimana nih? Apa nanti bisa berubah jadi warna merah juga[Image][Image].

    Keesokan harinya, di kampus juga heboh, saat nunggu-nunggu dosen masuk, temen-temen pada sibuk ngomongin sms itu. Bahkan ada yang berdalil berita ini sudah diberitakan di berbagai media seperti radio, koran, bahkan televisi. Sempat terdengar kabar ada warga yang menanyakan pendapat seorang ulama tentang hal ini. Ada Ulama yang berpendapat bahwa itu hanya politik pihak operator seluler agar orang banyak yang make sms, dan yang meraup keuntungan adalah pihak operator seluler. Ada pula yang berpendapat bahwa isu semacam ini hanya mengalihkan perhatian warga akan kenaikan BBM.

    Siang itu, saya menyempatkan membaca koran, selain karena penasaran akan kabar sms itu yang ada di koran hari ini, juga ada teman yang merekomendasikan saya untuk membaca berita itu. Dan ternyata benar! Di salah satu harian aceh terkemuka, berita itu terpublikasikan. Walau tidak di halaman muka. Hanya berita biasa yang kecil berukuran satu 2 kolom. Di koran tersebut menyebutkan seperti yang diberitakan warga-warga. Diberitakan juga ada orang tua yang telah melarang anaknya menggunakan henpon lagi hanya karena takut anaknya mendapat telpon dari nomor-nomor setan yang katanya sejenis santet atau menguji ilmu hitam. Sudah banyak orang yang tidak mau mengangkat/nerima telpon dari nomor-nomor tak dikenal. Bahkan ada tetangga saya yang menonaktifkan hpnya semenjak kejadian itu.

    Huff…inilah asiknya chatting. Setelah baca koran, saya buka henpon, dan langsung chatting. Saat itu mas Roby sedang online. Ya udah, sambil basa-basi, saya tanyakan aja perihal berita itu. Dan ternyata beliau tahu tentang berita itu, dan memberikan link referensi tentang asal usul ‘sms setan’ itu. Dan PADA FAKTANYA:
    SMs itu tidaklah serius! SMS itu bermula dari seorang ABG (anak baru gede) yang hendak mengusili/menjaili/mengerjai temannya. ABG tersebut tak menyangka smsnya bisa tersebar ke luar daerah domisilinya (kepri). http://kepritoday.com/.

    Oke, sudah sangat jelas, bahwa sms tadi tidaklah serius. So, buat teman-teman yang sudah terlanjur panik dan percaya akan sms itu, saya ucapkan selamat! Saya jadi pengen liat muka pecundang nih …senyum dong…

    update:
    link terkait:

    • SMS Santet: Energi ‘Jin’ Pasti Akan Tertahan di BTS
    • Radiasi Ponsel Rendah, Tidak Mungkin Berbahaya
    • Isu SMS Santet Beredar Sejak 2004 di Negara Berkembang


    Incoming Search Terms:

    • aplikasi sms merah com
    • aplikasi sms santet warna merah buat n70
    • aplikasi sms setan n70
    • Download aplikasi sms hantu
    • Download aplikasi sms merah
    If you enjoyed this post, please consider leaving a comment or subscribing to the RSS feed to have future articles delivered to your feed reader. Follow my twitter @syahuri.

    10 thoughts on ““SMS Setan”?

    1. sms kaler merah..nampak sangat bohong.

      nantilah saya hantar sms kaler hijau, kuning, biru laut, warna pelangi…nampak sangat saya bohong.

    2. @ihsan
      yo i. Konyol banget. Hari ini sy bAca koran harian Aceh, menyebutkan bhwa penjualan pulsa berkurang DRASTIS..!! Luar biasa pengaruhnya.

      @rendah diri
      nanti kirimin kepada saya juga ya…Nanti aya reply dgn warna pelangi .. :D

    3. Hehehe. Ada-ada saja ya ulah orang iseng dan kurang kerjaan. Salam kenal Mas Syahuri. Nice blog. Seneng bisa mampir kesini. :)

    4. bener² kurang kerjaan tu yang ngirim sms…kasihan kan orang² dibuat resah…trs sampe penjualan pulsa berkurang drastis (untung punyaku ga berkurang) hehehehe

    5. Iya mas Harry, benar2 meresahkan, di Aceh saja sudah ada korban. Sudah beberapa orang yg pingsan dan dilarikan ke rumah sakit krn nerima telpon dari n0m0r yg blum tersimpan di phonebook. :))

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>